Senin, 23 Mei 2011

Belajar Beternak di Blogspot Menyelamatkan Hamster yatim

  • Siasat atasi kematian bayi hamster dan merawatnya
  • Menghindari biaya tambahan, induk hamster mati

Resiko kematian pada indukan hamster saat menyusui sering kali terjadi Berdasarkan pengamatan saya hal ini ternyata disebabkan oleh tervosirnya kandungan dan energi induk betina, singkatnya sering terjadi pada hamster² yg pada saat menyusui anaknya melakukan 'hub sex' lagi sebelum anaknya besar (*memiliki bayi tp tidak dipisah).

Satu sisi memang indukan betina ini serasa pencetak keuntungan bagi peternak hamster dengan sering beranaknya dan menghasilkan bayi² mungil sisi lain akan membutuhkan budged/biaya lebih besar bila pada saat menyusui sang induk betina 'kaku' alias mati karena kelelahan.

Di beberapa blog rekan² yg terlink dan sempat saya baca memang sudah menjelaskan bagaimana mensiasati indukan betina yang mati, saat menyusui anak²nya. Bagaimana dengan bayi²nya? Apakah kita buang atau diamkan mati?

Posting kali ini saya ingin mengajak rekan² semua untuk menyiasati kasus diatas,supaya biaya yg kita keluarkan tidak banyak

Cara pertama apabila anda semua menyukai hamster dan ingin mengembang biakanya usahakan memiliki lebih dari sepasang misalnya ya 2 pasang, dalam jenis yg sama, ketika anda mengawinkanyapun baik yang sifatnya 'keroyokan' atau 'penjodohan' sebaiknya bareng dengan harapan saat melahirkan kalopun ada selisi/perbedaan hari bekisar 3 sampai 4 saja, Ingat jangan hanya sepasang

Manakala mereka melahirkan semuanya (*2 pasang yg saya maksud tadi) bareng dan terjadi kematian pada salah satu induk betina ketika menyusui kita bisa selamatkan bayi²nya, Bagaimana caranya.......?? (*ingat hanya untuk hamster/baby hamster sejenis)

Ketika anda mengetahui induk hasmter mati saat menyusui,amankan dulu/buang dulu indukannya biar gak mengundang semut, kemudian pindahkan bayi yg ditinggal induknya mati ke induk yang lainnya, menggunakan sendok (*don't touch it/jangan di sentuh/pegang) (lakukan pada malam hari atau dengan penerangan yg minim (misalnya pakai senter terus gabungin dah itu bayi di indukan lain yang sejenis, Awass jangan coba² lain jenis karena bisa menyebabkan semua dimakan/baunya beda brow (*bahasa hamster)>

Kelebihan system ini kita tidak perlu melakukan perawatan dan membuang biaya buat beli susu khusus hamster dan repot, lebih irit dan alami karena tetap induk hamster lain yg membesarkanya.

Kekurangannya Apabila anda hanya memelihara 2 pasang yg kebetulan beranak bareng semua dengan jumlah anak yang sama misalnya hamster A beranak 10 dan hamster B beranak 10 dan kebetulan salah satu indukannya mati, maka akan ada anak hamster yang gak kebagian ngisep puting susu, karena keterbatasan puting indukannya, ini dapat menyebabkan kematian pada bayi atau mengganggu pertumbuhannya (*kurang gizi) kecuali barang kali anda bisa bikin puting buatan (*hahahahahahhaa....)

Sudah pernah saya alami dan al hasil beberapa hamster pertumbuhannya lama sekali (*tuanya sama tp yg lain dah besar yg itu kuntring, segitu² aja) tapi inipun wajib kita syukuri karena kita sebagai peternak sudah menyelamatkan bayi dari kematian












Komentar :

ada 3 komentar ke “Menyelamatkan Hamster yatim”
Anonim mengatakan...
pada hari 

Kalo gak punya hamster yg lg menyusui gmana mas?

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@Anonim : disusui sendiri mas (*hahahahahahaaa...), ya terpaksa keseriusan anda sebagai pecinta hamster disini di tantang..... untuk menyelamatkan anak²nya, saan oba anda kasih susu hamster (*beli di sini juga ada)

Mel$ mengatakan...
pada hari 

Lokasi dimana mas? Saya mau beli susu hamsternya kalo ada. Indukannya batu beberapa saat mati.

Posting Komentar

 
Beternak Hamster Copyright © 2009 Blogger Designed by Bie-rue Blogger