Selasa, 21 September 2010

Belajar Beternak di Blogspot Hamster Syrian


Ditemukan pertama kali pada thn 1930 oleh I.aharoni. Seorang Profesor Zoologi Universitas Habrew, Yerusalem. Hamster ini pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah Padang Pasir Aleppo,Siria. Oleh sebab itu hamster ini dikenal dgn nama hamster siria (syrian hamster). Umur bisa sampai 2 – 2,5 thn,bila dirawat dengan baik. Panjang bisa mencapai 15 – 20 cm bila sudah dewasa.

Macam-macam hamster siria :

short hair
long hair
rex
satin

Hamster Syrian ini di Indonesia memiliki berbagai sebutan ‘aneh’ sebagai hamster lokal, giant hamster dan hamster Australia.

Disebut sebagai hamster lokal karena asalnya dari Indonesia tapi katanya sih karena diternakkan di Indonesia (padahal hamster jenis lain juga semua diternakkan di Indonesia). Jadi tidak mengacu pada mahal atau murahnya hamster itu sendiri.

Disebut giant hamster karena memang ukuran badannya paling besar di antara jenis hamster lainnya yang ada di Indonesia. (Ukuran hamster Syrian dewasa mencapai 12 – 17 cm). Kenyataannya di dunia ada jenis hamster yang lebih besar, bahkan ada yang menyandang nama resmi sebagai Giant Hamster, tapi hamster jenis ini liar dan tidak dipelihara manusia. Ada beberapa praktek penipuan yang memasang harga lebih tinggi untuk hamster syrian yang diberi label ‘giant hamster’ dengan alasan badannya lebih besar. Jangan tertipu! Ini hanya hamster syrian dengan usia yang lebih tua! Ingat Giant Hamster yang asli tidak pernah dipelihara manusia dan tidak diperjualbelikan di manapun.

Disebut Hamster Australia adalah nama yang diciptakan para penjual yang tidak tahu-menahu soal hamster. Di Australia sendiri hamster adalah hewan yang dilarang keberadaannya karena dianggap sebagai ancaman hama. Anda tidak akan menemukan hamster di Australia! Ketika Anda melihat label hamster Australia yakinlah bahwa itu adalah hamster syrian.

Kelebihan Hamster Syrian:

Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak.
Mudah dipegang dan mudah dijinakkan.
Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak.
Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang.
Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.

Kekurangan Hamster Syrian:

Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini.
Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak.
Selain itu hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.

Komentar :

ada 12 komentar ke “Hamster Syrian”
puti raniak intan mengatakan...
pada hari 

kenapa indukan hamster syirian tidak bisa disatukan dalm satu kandang?aq mempunyai 10ekor indukan dan tiap 1ekor hrs 1kandang,pernah dulu disatukan,eh malah berantem,gmn donk...?

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ puti raniak intan :
Dikasi bedak dulu put semuanya baru di satukan kalo langsung pastilah berantem dan kandangnya rada besar jangan sempit thnks.

Semoga membantu ..

Anonim mengatakan...
pada hari 

hamster ku sdang branak,didalam kandangnya ada makanan yg udah brjamur,gimana nih caranya?

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Anonim : Kalo masih merah (menyusui) diamin aja jangan di ganggu, tunggu aja sampai bisa makan sendiri dan berbulu baru bersihkan ... krn kalo masih merah kepegang tar bisa dimakan anaknya ok gud luck

Anonim mengatakan...
pada hari 

soi ikutan

aku punya hamster banyak aku binun apa bisa hamster macam khan beda beda apa mungkin bisa kaya di nikahin gitu lho jadi ada macem beda khan

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Anonim : Bisa

Anonim mengatakan...
pada hari 

kenapa ya hamster syrian ku dah 3 bulan tapi ga beranak2 ya. padahal indukan sebelahnya udah beranak satu kali... itu kenapa ya?

h3rmawan1995 mengatakan...
pada hari 

anak hamster syrian sya sdh 2 minggu.
klo kandangnya dibershin blh ngga?
Thx

widya mengatakan...
pada hari 

Mau nanya dong,, hamster sy jenis syrian longhair kalo dikawin ama syrian shorthair boleh ga? Makasih infonya..:)

muhammad mengatakan...
pada hari 

Mari berbagi informasi; http://informasiseputarduniahewan.blogspot.com/2012/02/hamster-syrian.html

Anonim mengatakan...
pada hari 

mau tanya nih.....
tentang sifatnya yang sering menyendiri,cara ngawininnya gmana?
bantu ya thanks

rizky wirid diniah mengatakan...
pada hari 

kapan waktunya induk sama jantan disatuin setelah si induk melahirkan anaknya? kalo berantem pas disatuin gimana caranya biar gak berantem lg ? Mohon dibantu yak, trimakasih

Poskan Komentar

 
Beternak Hamster Copyright © 2009 Blogger Designed by Bie-rue Blogger