Minggu, 15 Mei 2011

Belajar Beternak di Blogspot APA SEBAB INDUK HAMSTER jadi PREDATOR BAGI ANAKNYA ?


  • Penyebab Hamster menjadi Predator ?
  • Solusi menghindarinya ?

  • Memang ada beberapa induk hewan yang kerap kali ditemui memakan anaknya. Hamster adalah salah satunya. Hewan ini merupakan induk hewan yang buruk karena..

    dibalik tampilannya yang menggemaskan, induk hamster bisa menjadi pembunuh berdarah dingin, dengan memakan anaknya / bayinya sendiri.

    Sifat dari seekor hamster memang berbeda - beda satu sama lainnya. beberapa hamster ada yang bisa menyusui dan menjaga anak anaknya sampai besar, tetapi ada juga yang sampai tega memakan anaknya sendiri.

    Pemelihara hamster tidak bisa berbuat banyak jika hamsternya melahirkan anak - anaknya dan kemudian dimakan. Bukan salah mereka juga ketika hamster yang melahirkan tadi memakan anak - anaknya padahal sudah mereka lakukan sedemikian rupa agar sang anak hamster tidak dimakan dan hidup sampai besar nantinya.

    Ih serem juga ternyata, eits.. jangan salah ternyata mereka melakukan ini karena beberapa alasan selain dikarenakan sifat dari induk tersebut.

    Penyebab yang pertama adalah stress karena baru pertama kali melahirkan atau melahirkan di usia muda. Induk hamster cenderung untuk memakan anaknya karena dia belum siap untuk menjadi ibu dan si hamster tidak tau bagaimana cara merawat anaknya.

    Jadi solusinya yaitu jangan mengawinkan hamster di usia muda (umur 2 bulan), lebih baik dikawinkan setelah umur 4 bulan biar mereka siap mental untuk mempunyai anak.

    Penyebab yang kedua adalah stress karena merasa diawasi oleh pemelihara sehingga induk hamster tidak merasa nyaman.

    Setelah anak hamster lahir, biasanya induk jadi sangat overprotective pada bayinya, jadi setiap ada yg membuat induk dan bayinya terganggu, induknya akan stress. Apabila induk stress maka anak pun menjadi korban.

    Jadi solusinya yaitu setelah melahirkan, pemelihara hendaknya meletakkan kandang hamster di temapt yang gelap dan sepi serta jarang dilewati orang. Jangan lupa untuk menutup kandangnya dengan kain gelap atau karton hitam agar dia merasa nyaman karena hamster suka di tempat yg gelap.

    Penyebab yang ketiga adalah kurangnya asupan gizi atau protein.

    Setelah melahirkan, induk akan membutuhkan nutrisi atau gizi yg lebih untuk mengembalikan kondisi fisiknya yg terkuras setelah melahirkan.

    Jadi solusinya jangan sampai makanan di tempat makannya habis. Apabila induk kekurangan makanan, induk akan berusaha mencari makanan apa saja yang ada di kandang. Jika tidak menemukan, pasti induk akan memakan anaknya sendiri.

    Penyebab yang keempat adalah serbuk tempat melahirkan diganti dengan serbuk baru.

    Apabila serbuk bekas induk melahirkan di ganti, induk menyangka ada aroma lain di kandangnya dan itu dianggap membahayaka, jadi induk akan memakan anaknya karena anaknya telah terkontaminasi bau serbuk baru tersebut.

    Jadi solusinya adalah jangan mengganti serbuk temat induk melahirkan sampai anak hamster berumur 3 minggu.

    Penyebab yang kelima adalah induk betina diganggu oleh induk jantan.

    Ini tergantung pada sifat masing-masing jenis hamster. Untuk jenis syrian, begitu hamil dan menyusui, induk jantan harus ditempatkan dalam kandang yg berbeda. Sedangkan untuk jenis campbel, winter white, dan roborovski, induk jantan dapat diletakkan dalam satu kandang karena dapat membantu induk betina mengurus anak-anaknya.

    Penyebab yang keenam adalah anak cacat dan menurut induk lebih baik anaknya dijadikan sebagai pasokan protein induk daripada hidup merana karena cacat seumur hidup.

    Terkadang ada anak hamster yang cacat sejak lahir karena kurangnya nutrisi induk semasa hamil sehingga menyebabkan ada anaknya yg lahir dalam keadaan cacat (buta, kaki dan tangannya tidak sepasang, dll)

    Penyebab yang ketujuh adalah si induk merasa cuma bisa merawat bayi lebih sedikit daripada yang dilahirkan.

    Ada induk yang sekali melahirkan jumlah anaknya bisa 9-12 ekor sehingga dia merasa tidak sanggup untuk merawat bayi yg jumlahnya banyak karena dia takut anaknya tidak mendapat ASI yang cukup.

    Penyebab yang kedelapan adalah karena anak hamster telah tersentuh tangan manusia.

    Induk hamster selalu mengira bahwa bau asing adalah pertanda dari sebuah bahaya. jadi induk akan mencari-cari bau tersebut sampai akhirnya dia menemukan bau tersebut pada tubuh anaknya sehingga lebih baik dia memakannya.

    Jadi solusinya adalah lebih baik jangan sesekali memegang anak hamster, jika hendak dipindahkan lebih baik menggunakan sendok.

    Hamster memang ada yang dapat merawat anaknya dan tidak dapat. Maka untuk menghindari beberapa hal yang tidah diinginkan lebih baik jangan mengusik induk hamster selama dalam priode menyusui. Biarkan induknya yang merawat dan membesarkan anaknya, kita hanya perlu memberi induknya makan dan asupan gizi. Pada dasarnya hanya ibulah yang mengerti apa yang lebih baik dilakukan untuk anak-anaknya.

    Komentar :

    ada 27 komentar ke “APA SEBAB INDUK HAMSTER jadi PREDATOR BAGI ANAKNYA ?”
    Hamster Online mengatakan...
    pada hari 

    bener sekali itu mas...

    Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
    pada hari 

    Setiap peternak, penghobby pasti mengalami ini

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    untuk pendapat diatas betul semua, sayamau tanya apa ada hamster yg memiliki sifat yg selalu memakan anaknya dikala dia melahirkan padahal hal2 yg memicu induknya untuk memakan anaknya sudah tidak dilakuakan lagi tapi masih tetap memakannya. terimakasih

    Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
    pada hari 

    @Anonim : Kalo semua hal seudah anda coba hindari maka yg jadi pemacu utamanya adalah terlalu muda punya anak, atau dari diri anda sendiri yg memacun hamster untuk memakan anaknya misalnya tempat terlalu terang atau anda sering ngawasin terus uch hamster...?? so dia jadi stress

    ternak kelinci hias mengatakan...
    pada hari 

    Postingan yang sangat bermanfaat.
    Pertanyaan lain : Apakah jantan dan betina dikumpulkan saat mengawinkan saja? Apakah boleh dikumpulkan rame-reme untuk mengawinkan?Bagaimana bila sudah terlanjur beranak di kandang yang ada jantannya?

    Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
    pada hari 

    @ ternak kelinci hias :
    Apakah jantan dan betina dikumpulkan saat mengawinkan saja?
    -Nggak campur terus tar kalo dah ada yang gendut ambil kandangin sendiri di kandang bersalin

    -Apakah boleh dikumpulkan rame-reme untuk mengawinkan?
    Baca lagi dimarih
    http://beternak-hamster.blogspot.com/2011/04/perkawinan-keroyokan.html

    -Bagaimana bila sudah terlanjur beranak di kandang yang ada jantannya?

    Jenisnya apa dulu karo robo diemin aja kalo ambell ama syrian untuk saftynya pisahin yg jantan

    Haruming Citra Putri -uming- mengatakan...
    pada hari 

    gimana kalau anaknya udah terlanjur kena tangan manusia? bayi-bayi hamster saya udah terlanjur saya pindahin pas saya liat ibunya mau makan anak-anak itu. dan sekarang kalau mau digabung juga ibunya masih mau makan mereka. gimana caranya ngerawat bayi-bayi yang ga disusuin ibunya itu biar bisa hidup sampai gede? mohon bantuannya ya. karena kalau sampai mati saya sedih banget :( makasi banyak

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    Hmmm... Aq baru 2x pelihara hamster... Dan yg k2 ini baru berhasil melahirkan baby nya.. Tepat mlm natal kemarin..
    Tp dari k 5 ank baby.. Ada 1 baby yg lebih kecil dri yg lainnya.. Knp yah?
    Apa prematur?
    Cacat?
    Ata kelainan apa gtu...
    Mohon sarannya yah..?
    Makasih :)

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    apa benar bila induk hamster jenis cambel jantan,bila dijadikan 1 dengan anak2nya yang baru dilahirkan gak bakal diapa2in(dimakan atau sejeniisnya?)
    mohon jawabannya terimakasih

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    Gan, mau tanya nih!! Saya ada pelihara hams jns winter sdh 3x melahirkan, yg pertama 2ekor, yg kedua 3ekor tp di makan 1, truz yg terakhir 3ekor tp di makan semua ny (penyebab ny strezz mgkn), yg mau saya tny, knp hams ku tdk prnh melahirkan anak lbh dr 3ekor pdhl sering saya kasi makan tauge dan vitamin..

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    hamster ku pertama lahir 4 tapi semua dimakan pada hari pertama mungkin stress

    ya allahh

    bisa2 nya makan anaknya sendiri

    keisha mengatakan...
    pada hari 

    hamster aq mau melahirkan beberapa hari lagi.

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    hamster yg di titipkan sang tuan krn plg ke bali tiba2 beranak siang ini.. saya dan adikpun langsung panik (krn tak brpengalaman)!! thq utk saranx. :)

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    hamsfer q melahirkan 6 anak tapi hari esok na gk ada smua kyak na dimakan smua, sedih bangeeeg q

    Tiga Saudara Cipjay mengatakan...
    pada hari 

    saya ngurus hamster ga sengaja, wktu bulan Ramadhan kemaren adik saya beli di pameran harganya 10ribu/ekor,, trusga sengaja beli 2 dapet sepasang,itu jg tw sepasang pas hamsternya punya anak. yg tambah parah saya gtw jenis apa ini hamster,, yg satu kuning mata merah, yg kedua bulu panjang mata item.

    pertama ngelahirin anaknya 9 ekor,,selang 5 hari ngelahirin lagi 4 ekor,, tp karena gtw,, anaknya abis,,sekarang yg tumbuh gde tinggal 1.

    anak sisa ini ternyata betina dr searching google.

    sekarang hamster melahirkan 3 anak,yg saya bingung induknya yg mana ?? ko di urus barengan gt.?

    devi cynk mengatakan...
    pada hari 

    bagaimana cara bkin hamster saya tidak lagi setres n makn ank'y sendry gmna solusi'y tolong bsntu ya mksh....

    devi cynk mengatakan...
    pada hari 

    dtnggu balesain'y....

    Hinong Juliyana mengatakan...
    pada hari 

    Bayi hamster saya mati dimakan oleh induknya. Dan yang tersisa cuma tinggal kepala nya saja. Jenis hamster saya campbell.

    sophiasyif mengatakan...
    pada hari 

    mas yang terhormat
    saya udah hampir 1 tahun melihara hamster, sebelumnya kejadian kaya gini ga pernah saya alamin. induk betina awal yang saya beli udah melahirkan, bahkan anak-anaknya udah berhasil punya anak lagi. kali ini dia ngelahirin lagi dari 6 anaknya sisa 5, saya udah biasa ngeliat dia makan anaknya waktu belum tumbuh bulu, jadi saya gak terlalu sedih karena saya ngerasa mungkin saya yang salah waktu ngerawat awalnya

    tapi hari ini tragedi banget mas, anak yang tadinya ada 5 dan udah berbulu cantik warnanya abu-abu tapi menuju coklat, dan motifnya kaya panda alias gak satu warna tapi belang totol totol tiba tiba tinggal 4 kondisi yang 2 lain mengenaskan, yang satu kepalanya sisa setengah, yang satu bagian hidungnya berdarah.. dan ada sisa remukan kepala mungkin yang sebelumnya. anak-anaknya udah mulai bisa makan sendiri mas mereka jadi kaya kanibal.
    saya tinggal mereka sebentar setelah saya bersihin dari bangkai sebelumnya, tapi pas saya balik ke kamar saya anaknya lagi digigit dan kondisinya udah nafasnya sedikit. saya ga bisa apa apa saya pisah induknya dari anak-anaknya

    yang saya mau tanya apa alesan hamster itu makan anaknya yang udah tumbuh bulu kaya gitu, udah usia 3 mingguan lebih, saya naruh kandangnya di kardus yang saya ga bakalan bisa ngintip pas laginyusuin tapi tragedinya malah lebih parah dari biasai!

    bisa kasih tau kenapa? saya berduka banget soalnya.

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    Beberapa pasang hamster syria saya melahirkan, total anak-anaknya kurang lebih 30ekor,, hari demi hari anak-anaknya mati dimakan induknya, pdahal tidak terkena tangan & jantannya dipisahkan, pakan tersedia trus, atau karena terganggu hamster lain yg satu kandang dalam aquarium tetapi terpisah dgn cara d sekat dgn kaca?? setelah 3 minggu anak-anaknya dipisahkan, lama-lama satu persatu mati dan dimakan sdr2nya dan skr hanya tinggal beberapa ekor saja,, Arrasyid di Tasikmalaya

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    mungkin indukan nya merasa tersaingi dalam urusan makanan...
    sebaiknya klo udah umur 3 minggu dipisah sama induknya

    Augustark Uchiha mengatakan...
    pada hari 

    gan, saya menyilangkan hamster syria jantan belang dengan syria betina abu polos. setelah melahirkan dan udah tumbuh bulunya. kenapa semua anaknya tidak ada yang berbulu belang??

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    Hamster saya juga anaknya dimakan..
    Tapiiii....itu kondisi anaknya memang sudah mati..
    Jadi..anaknya mati dulu.,baru dimakan..
    Gak dimakan hidup2..
    Apa ada kemungkinan nanti anaknya dimakan hidup2 ya..???
    :(

    Anonim mengatakan...
    pada hari 

    Hamster saya juga anaknya dimakan..
    Tapiiii....itu kondisi anaknya memang sudah mati..
    Jadi..anaknya mati dulu.,baru dimakan..
    Gak dimakan hidup2..
    Apa ada kemungkinan nanti anaknya dimakan hidup2 ya..???
    :(

    dema_chan mengatakan...
    pada hari 

    hamster aku gila, melahirkan anak 7 bulan lalu, anaknya abis di makan semua sama ibunya, nih sekarang baru melahirkan anaknya udah di makan tiga ekor.

    dema_chan mengatakan...
    pada hari 

    hamster aku gila, melahirkan anak 7 bulan lalu, anaknya abis di makan semua sama ibunya, nih sekarang baru melahirkan anaknya udah di makan tiga ekor.

    Mailani khairunnisa mengatakan...
    pada hari 

    Kemaren pagi hamster q hbs maelahirkan 6 ekor, tapi siangnya udah d makan semua. Padahal semua persiapan dari kandang, minum mpe pasokan makanan udah q siapkan sehari sblm melahirkan. Jadi g aku usik2 lagi selama proses menyusui. Hamster jantan pun sudah q pisah sehari sebelum melahirkan.
    usia induk hamster udah lbh dr 4 bulan, dan udah dua kali dia makan semua anaknya. q bingung hars d apain lg tuh hasmter biar mau rawat anknya sampe gede. Mohon saranannya ya. trims

    Poskan Komentar

     
    Beternak Hamster Copyright © 2009 Blogger Designed by Bie-rue Blogger