Jumat, 27 Mei 2011

Belajar Beternak di Blogspot Makanan Hamster untuk ternak

Posting kali ini akan membahas makanan Hamster, Dalam beternak hamster saya menggunakan berbagai makanan dan kegunaanya berikut tabel makanan yang sering saya gunakan untuk hamster² saya :


Jenis Makanan
Kegunaan/Fungsi Harga di pasaran
Keterangan
Pelet Ikan Lele
Perangsang cepat kawin/pertumguhan pada bayi
Rp.3000/kg -Dapat di beli di kios pakan tenak
Pelet Ikan Koi
Merawat bulu hamster
Bebas/diecer
-Dapat di beli di kios pakan tenak
Jagung Manis
Perangsang Susu Hamster/spy susunya banyak
Rp.2500/kg -Dapat di beli dipasar tradisional
Wortel
Merawat mata Hamster/sebagai asupan vitamin
Bebas/diecer
-Dapat di beli dipasar tradisional
Daun Katuk
Perangsang Susu Hamster/spy susunya banyak Rp.1000/iket
-Dapat di beli dipasar tradisional


Pelet Ikan lele :
-Adalah makanan yang biasanya di gunakan untuk pembesaran bibit ikan lele (*ukuran paling keil), protein yang terkandung didalamnya banyak sekali dan bila kita membiasakan memberikan makanan ini maka hamster kita ajan cepat kawin (*birahinya tinggi) sedangkan untuk anak²nya yang selepas menyusui kira² lewat 2 minggu jika diberi makanan ini akan cepat tunuh dewasa karena melihat bahan dasar makanan ini adalah konsentrat. Cara pemberian makanan ke hamsternya untuk syrian cukup campur dengan nasi tapi sebelumnya di basahin tuh pelet sedangkan hamster jenis yang lain cukup di campur dengan makanan yg jenisnya biji²an.
Untuk gambar klik disini

Pelet Ikan KOI
-Memberi hamster dengan makanan ini walopun dulu hanya coba² ternyata berdampak postive,terutama pada bulu²nya misalnya bulu kelihatan seperti basah 'weet look', pada makanan ikan koi ini dalam menyajikannya cukup kita campur dengan makanan biji² yang lain seperti beras, kwaci,gabah,ketan ireng dll. Makanan ini ada yg dalam bentuk schacet dan anda juga bisa beli ngecer
Untuk gambar klik disini

Jagung Manis
-Jagung manis dimaksud diatas adalah jagung manis yang biasanya dioergunakan oleh ibu rumah tangga untul memasak sayur 'asam', jadi bukan yg biasa di beli untuk pakan ternak kelinci. Fungsi dari jagung manis ini adalah mereproduksi / merangsang agar susu (*asi) pada induk hanster yang menyusui bancar (*keluar banyak) sangat dianjurkan terlebih utnuk hamster yang beranak sekitar 10 bayi
Untuk gambar klik disini

Wortel
-Fungsi wortel tdk banyak hanya sebagai asuan gizi dan menjaga agar Hamster tidak terkena penyakit mata (*hampir mirip inih sama manusia) pemberiannya di slice panjang dan sesuaikan dengan besarnya/ banyaknya hamster di rumah anda.(*jangan banyak² kandang bisa bau krn kalo kebanyakan hamster jadi sering kencing)
Untuk gambar klik disini

Daun Katuk
- Fungsi sama dengan jagung dan sebagai obat anti mencrett. Biasa buat sayur bening pengganti bayam (*kalo untuk manusia)
Untuk gambar klik disini

Makanan Pendukung lainnya :
-Gabah
-Ketan ireng
-Kacang ijo
-Kacang
-Kwaci matahari
-dll yg tidak dapat kami sebutkan satu per satu

Semoga membantu, kalo ada yg kurang jelas silahkan bertanya pada kolom komentar yang kami sediakan untuk anda semua. Trimakasih




Komentar :

ada 34 komentar ke “Makanan Hamster untuk ternak”
Anonim mengatakan...
pada hari 

oh gt to baru tahu ane nih, Gan tanya boleh ya pola pemberian makanannya untuk yg menyusui / lg punya bayi sehari berapa kali?

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Anonim : Kalo lg bunting. atau menyusui biasa ane kasih 3 X sehari Pagi., Maghrib..., Malam

(*mid night) tengah malam, geber aja jagung sama katuknya kalo lagi mnyusui, biji²annya dikurangi dulu.. ok thnx

Anonim mengatakan...
pada hari 

mo nanya mas..
jagung manis yang digunakan tu mc mentah taw dah d rebus???

taw jagung bakar biar enak "buat peternaknya"
hee/....
Terima ksih...

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Anonim : Mentah dong yach tapi yang buat sayur asam kalo keasar pastikan tanya "ini jagung yg buat sayur asam kan bu...?" kalo iya beli.

Kalo bakarnya buat saya sama anda aja kalii yaaa.. hehehehee....

johan riansyah mengatakan...
pada hari 

kalau boleh tw hamster itu kalau sedang hamil kira2 brapa minggu y panjang'a kehamilan pada hamster...

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ johan riansyah : saya gak pernah ngitung, kira² gendut saya sendirikan terus sekitar seminggu beranak dah gt aja

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ johan riansyah : saya gak pernah ngitung, kira² gendut saya sendirikan terus sekitar seminggu beranak dah gt aja

Anonim mengatakan...
pada hari 

saya punya panda betina 2 ekor, jantan 1 ekor. masalahnya, nih betina sama2 galak, jadi pas dicampur ketiganya, berantem rame deh,s ampe berdarah2.
gimana solusi buat ngawinin???
pernah saya coba kawin gantian, dgn kandang berbeda, hari ini jantan+betina-(x), minggu depan-nya jantan+betina-(y)..eh tetep berantem juga..
pusing deh, mohon bantuan suhu..sekarang semua saya pisah kandangnya sendiri2...

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Anonim :
Hamster panda itu, cuma istilah ya yg disebabkan oleh warnanya yang menyerupai Panda.

Yg kamu katakan disini, Pandanya dari jenis apa dulu panda "Syrian", panda "cambell dll

Kalo yg km maksud jenis panda, dari syrian dan cambell atau jenis lain yg di campur pasti berantem

Kalo jenis Syrian dan syrian yg dicampur "kalo" berantem di bedakin dulu bulunya pake bedak bayi herocyn (semuanya) yg ada di kandang itu

Kalo masih berantem lihat dulu kira² sama tuanya ngga (besarnya) juga pengaruh.

Kalo km perhatiin di topik kawin kroyokan di blog ini, akukan gak menyarankan indukannya panda tapi indukannya yang polos² untu mnghasilkan warna "panda"

Pada beberapa kasus memang terbukti panda galak dan jarang mau kompak dengan yg lainnya (baca soalan genetika hamster)

thnks

Anonim mengatakan...
pada hari 

oh, gitu ya??? panda aku semuanya jenis campbell..beneran galak, tangan aja digigit..
trus selain dikasi bedak, solusi lain gimana??
trims mas..

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@Anonim : ya emang sih kebanyakan galak hamster panda itu, tp dibalik ke galakannya biasanya pandai tuh hamster merawat bayinya kl udah melahirkan..

atau penyebab lainnya bisa dilihat aja di masalah genetika hamster

Ratno Budi mengatakan...
pada hari 

Mas Mau tanya ni, sebaiknya berapa ya takaran pemberian makanan untuk hamster / sekali makan, syrian, campbell, ww, n robo. Soale kadang makanannya ga abis, jadinya dibuang deh,. kan sayang juga, Oh ya hamster sya smua saya kasih makan racikan dewe, millet,kcng ijo, kcng tanah, jewawut, kedelai, n pelet kecil2. N yang wajib toge, kira2 dah bener dh bener blum ya mas?

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Ratno Budi :
- 1 sendok makan pagi dan sore
(Daily activities)
- 1 sendok makan pagi- malam - sore (Hamster menyusui atau hamil)

Sudah benar racikannya, sebaiknya yg mengandung banyak lemak dikurangi...

thnks

Ratno Budi mengatakan...
pada hari 

oh ya maksih banyak ya mas infonya, hmm yang banyak lemak sperti kcang tnah n kuaci ya mas, klu iya itu sya kasih untuk snack aja..

Oh ya mas,

sayuran apa sja yang bisa dijadikan varian supaya hamsternya ga bosen mkannya itu2 aja mas?

Mkasih sebelumnya,,,

Anonim mengatakan...
pada hari 

mas mau tanya ne..
untuk daun2an gmana ya porsi makanannya,dalam sehari 1 ikat,dihancurin atoe gimana..?? (daun katuk)dll.mksih

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

Anonim :
Masukin aja daunnya tar juga dimakan, orang itu katuk rasanya maniss..

Gak perlu di potong2

h3rmawan1995 mengatakan...
pada hari 

klo kita memberi pakan lelel,pakan koia,dan daun katuk brlebihan ap tidak ap"?
tolong tipsnya ya thx ^^

Anonim mengatakan...
pada hari 

Sy baru beli hamster 1 pasang terus baru 2 hari sudah ngelahirin,ciri-ciri hamster lg bunting gmn?brp jarak waktu hamster yang baru ngelahirin terus bisa bunting lg?yg pejantan dah sy pisahin tp kasian sendirian jd sy kasih betinannya lg tp sy ga tau itu betina dah dewasa ato belum teteknya sih banyak tp sebesar yg sebelumnya beli agak kecilan kira-kira berapa lama bisa bunting?

Wiraa mengatakan...
pada hari 

saya mau tanya nih, milet sama jewawut, kita bisa dapatkan itu smua dmn ya? soalny baru pertama denger itu kalimat. makasih
mohon penjelasannya, Salam.

Anonim mengatakan...
pada hari 

gan,ane punya hamster syirian sepasang
tapi hamster ane badannya kecil,gak kayak difoto-foto badannya bulet,lucu
hamster ane yg ceweknya lemes muluk tiap hari,susah makan,tiap hari kerjaannya tidurrrrrrrrr terussssssss
kalok yg laki masih aktif gan,jalan2,dll.
oh iya,supaya hamster bisa cewek kimpoi itu gimana gan?ane udh pakek pelet ikan lele,tapi gk berhasil :(

supaya hamsternya sehat dan gemuk,itu dikasih makan apa yg tepat gan?

mohon penceraannya,ane gak tega soalnya liat hamsternya lemes tiap hari :(

Anonim mengatakan...
pada hari 

Gan..
Ane punya bayi hamster bru 1hri bleh ga d'pindahin kekandang aquarium..
Soalnya lahirnya mendadak..
Truz pindahinya pke apa?

Hamster Online mengatakan...
pada hari 

artikelnya sangat bermanfaat bagi saya...terima kasih sudah sharing...nice post...:)

Anonim mengatakan...
pada hari 

saya pux syrian long hair 1 short hair 1

yg short hair mta x merah begitu sebalik x

Jika hamster itu d kawinkan anak x bsa jadi ky yg mna..?

Arie mengatakan...
pada hari 

saya mau tanya nih, milet sama jewawut, kita bisa dapatkan itu smua dmn ya? soalny baru pertama denger itu kalimat. makasih => tanya aja di tempat jualan pakan burung

Mozozo mengatakan...
pada hari 

Wah mantap infonya nih.. ane baru belajar miara hamster. oh ya gan, ane mo nanya neh, 1 bln yang lalu ane beli 1 ekor hamster betina trus 3hr yg lalu ane beli lagi 1 hamster jantan dengan jenis yang sama yaitu syrian. Tp yang betina tipe LongHair sedangkan yang jantan itu ShortHair. Nah yang jadi masalah pejantannya terlihat lebih kecil di banding dgn yg betina dan itu membuat yang jantan agak minder kayaknya. kira2 gimana yah gan solusinya? terima kasih...

Anonim mengatakan...
pada hari 

terima ksih info soal hamster tmen nich q bru 1x melihara hamster mohon bantuan nya ea....tmen"

Anonim mengatakan...
pada hari 

gab hamster syryan saya baru melahirka tadi pagi 6 ekor...tp setelah beberapa menit malah habis smua dimakan induknya...

Sevy Berlian mengatakan...
pada hari 

Sob klw bwt makanan bayinya apa??
Tlg d jwb ya..

frenky caver mengatakan...
pada hari 

sy baca di blog sblah, penggunaan pelet ikan ma pelet ayam itu bukan rekomendasi AAHI, malahan berbahaya, bisa jdi kanker...emank pertamanya sehat n lincah, tpi stlh 4bulan, pada K.O semua

Anonim mengatakan...
pada hari 

gan// mo tanya sekali beranak hamster itu berapa? berapa hari sia beranaknya?
thank

Ganjar bryant mengatakan...
pada hari 

Keren gan infonya..

Komentar balik ya gan sempoaa.blogspot.com

Joko Sahid mengatakan...
pada hari 

Wiiihhh.... keren.
Jadi peengen nyoba ternak gan.

Kebetulann tadi aku habis dapat hibah kandang bekas klinci.
Siip.

Joko Sahid mengatakan...
pada hari 

Wiiihhh.... keren.
Jadi peengen nyoba ternak gan.

Kebetulann tadi aku habis dapat hibah kandang bekas klinci.
Siip.

Anonim mengatakan...
pada hari 

ok klo gitu saya coba dech moga sukses all friend

Poskan Komentar

 
Beternak Hamster Copyright © 2009 Blogger Designed by Bie-rue Blogger