Senin, 16 November 2009

Belajar Beternak di Blogspot Beternak Hamster


Informasi ini saya dedikasikan untuk calon-calon peternak hamster baru ataupun lama yang ingin bertukar informasi seputar masalah hewan kesayangan dan pencetak uang yang bernama “Hamster”
1.1 Modal
Modal dalam beternak tidaklah terlalu besar maksimal Rp.1.000.000,- anda sudah dapat menangkarkan hewan mungil nan lucu ini dirumah anda, adapun pengalokasian dana ini akan terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah pengadaan bibit (indukan) hamster,pembuatan kandang hamster.

Indukan Hamster yang baik dapat kita peroleh dari peternak-peternak hamster yang sudah senior, karena kalau anda membeli di pasar-pasar umumnya, kebanyakan “pejantan” dan kalaupun ada betinanya itupun masih memerlukan jangka waktu lama untuk menunggu hamster itu siap kawin. (Kami menyarankan anda membeli langsung di peternak hamster)

Kalkulasi modal :
Untuk memulai beternak anda cukup membeli 25 Hamster indukan (siap kawin) dengan rasio perbandingan 20 ekor hamster betina dan sisanya pejantan

Harga indukan dipeternak biasanya adalah Rp.15.000,- per ekor untuk jenis syrian, tapi ini relative tergantung dari si penjual harga diatas hanya sebagai patokan.

Maka dapat kita peroleh modal awal untuk pengadaan induk adalah :
25 X Rp.15.000,- = Rp.375.000,-

1.2 Kandang
Untuk membuat kandang dalam beternak hamster sangatlah lain dengan kandang hamster sebagai hiasan atau pengobat stress,dalam beberapa blog yang termuat di internet pada umumnya mereka tidak menagkarkan tapi hanya sebagai hiasan rumah dan obat penat.

Kandang beternak hamster terbagi menjadi 3 macam:
1.1 Kandang pngembangbiakan
1.2 Kandang bersalin
1.3 Kandang pembesaran

1.1 Kandang pengembangbiakan
Kandang ini memiliki ukuran paling besar yaitu 80cm X 80 cm persegi dengan kawat Strimin berukuran 0,5cm memutar sebagai dinding-dinding,dan alas kandang.Sesuai dengan namanya kandang ini berfungsi untuk proses perkawinan seluruh hamster,kandang ini bisa menampung sedikitnya 25 ekor hamster dengan perbandingan 20 betina dan 5 pejantan

1.2 Kandang bersalin
Kandang ini memiliki ukuran panjang 1 meter, disekat2 dengan ukuran 15X15cm persegi per kandang dengan kawat strimin berukuran 0,5cm sebagai muka dan alasnya saja,jadi dinding yang lain bisa berupa kayu untuk medapatkan kesan nyaman dan gelap




1.3 Kandang pembesaran
Kandang yang digunanan untuk membesarkan anak-anak hamster setelah di sapeh “ tidak minum susu dari induknya lagi ” berukuran panjang 1 meter, tinggi 15 cm dengan muka kawat strimin dan dinding lainya dapat berupa kayu. (Strimin kawat kotak2 kecil) tanpa menggunakan sekat

Kalkulasi dana pembuatan kandang :

- Kandang pembesaran jika anda membuat rangka dari jati maka habis sekitar Rp.50.000,-
- Kandang bersalin sekitar Rp.90.000,- menggunakan kayu cor saja sudah cukup kuat
- Kandang pembesaran sekitar Rp.25.000,-
- ( Kawat strimin 0,5cm=Rp.16.000,/m, Kayu Cor=Rp11.000/2m), dan paku reng 1 ons Rp.4000)

Dari kalkulasi biaya diatas makan anda sudah memiliki 1 kandang pengembanbiakan hamster, dan 11 kamar bersalin untuk hamster ditambah 1 kandang pembesaran dengan kapasitas 40 anakan hamster dan total biaya pengadaan kandang plus indukan hamster diperoleh Rp.540.000,-

Rp.90.000 +Rp.50.000,-+Rp.25.000,- =Rp. 165.000,-
Rp.375.000 (indukan ) =Rp. 540.000,-

Dalam blog ini kami juga akan menguraikan seluk beluk beternak hamster dari mulai pengadaan modal seperti telah kami sampaikan diatas sampai cara merawat,merangsang reproduksi hamster,memberi jenis-jenis makanan penambah nafsu kawin hamster dan sampai anda bisa memanennya



























Komentar :

ada 23 komentar ke “Beternak Hamster”
uzir mengatakan...
pada hari 

saya pemula mau mencoba untuk berternak hamster..apa saya bisa memesan hamster d sini??
karna saya sudah pernah meliahara sepasang hamster tapi jantan dua duanya..hehehe

bintang hamster mengatakan...
pada hari 

sy pemula ingin serius beternak hamster mohon no contac personnya untuk konsultasi lebih lanjut. trimksh. rinto pekalongan HP. 081902615445

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

Baca lagi masalah jenis kelamin mas Uzir....

@ Bintang
silahkan add YM saya atau FB saya terlampir di blog ini

Terimakasih atas kunjungannya

Rudy_Crb mengatakan...
pada hari 
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Rudy_Crb mengatakan...
pada hari 

Salam,
Saya mau bertanya, saya punya 10 ekor betina dan 2 ekor jantan jenis campbell, betina yg sudah beranak 3 ekor sedangkan yg 7 ekor betina umurnya sekitar 4 bulanan, pertanyaan saya kenapa sampai saat ini yg 7 ekor belum juga beranak dan tidak mau kimpoi sama jantanyna dan juga kenapa pejantannya hanya mau kimpoi sama yg sudah beranak saja???? saya memelihara pakai system campur yaitu semua pejantan dan semua betina jadi satu kandang dari kecil sampai sekarang, mohon sekali solusi dan penjelasannya gimana caranya agar semua mau kimpoi dan beranak pinak.

Terimakasih sebelumnya,
Salam

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

Itu bisa belum waktunya kawin.... or ambil aja mainan di kandangmu, kalo buat ternak gak eperlu mainan... masalahnya bisa juga kecaepekan muter...

Systemnya udah benar, tar juga kalo gak kuku pada kawin tenang aja coy ....

Selebihnyakan udah di YM ya..... thnx....

Thnks ataskunjungannya salam buat peng-Hamster di Riau ya.....

Rudy_Crb mengatakan...
pada hari 

OK thnk balasannya,

Salam,

PRIATAMA EKA mengatakan...
pada hari 

saya mau nanya kalo serbuk kayu buat alas kandang boleh ga dicuci lagi terus dipake ???

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@PRIATAMA EKA : Dilihat dari jenis serbuk kayunya mas Eka, kira² mungkin gak di cuci, krn ada beberapa yg gak mungkin bisa seperti serbuk kayu dari kayu Glugu, beli aja pasir yg pasti bisa di cuci, Rp.55rb 50kg Beres :-p

Anonim mengatakan...
pada hari 

mau nanya,,,
untuk kandang pengembangbiakan n pembesaran alasnya menggunakan dami juga??

"dami" di sini yang digunakan semua bagian tanaman padi tau cuma daun-daunnya saja..
terimakasih..

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

daun sampai tangkainya mas gpp, kalo ada padinya gak usah di hilangin biar buat makanannya.

Dami ini sebenarnya juga disukai hamster dimakan so kalo anda lupa kasih makan gak masalah tp jangan sering², dai pengalaman saya ya menggunakan media dami untuk pembesaran lebih untung karena jarang saling mangsa antar hamster

Anonim mengatakan...
pada hari 

permisi, numpang nanya...

lo untuk awal-awal ternak lebih baik hamster jenis pa ya? knp?

Trima ksih...

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ Anonim :

-Tinggal sukanya apa mas jenengan, kalo murah, modal kecil, beranak banyak tapi rada susah jualnya anaknya or harga anakan hamsternya murah ya jenis Syrian.

-Satu level diatasnya Cambell

- Saru lavel diatas cambell ada Golden

Semua up to youlah yg penting siap dngan segala resiko, namanya juga usaha ya gak ...?

caur lagi mengatakan...
pada hari 

mas mau tnya dong, ad ga kenalan distributor utk botol minum nya mas ? ane masih penasaran dgn harga botol minum yg ente cantumin 5rb/20pcs ...
hehehe klo bisa tolong infokan mas.
thx

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

caur lagi : Ane buka brankas dulu lagi sibuk nih Gan...... tenang aje tar ane update harganya

caur lagi mengatakan...
pada hari 

gmn gan ?? udh ktmu CPnya hehe..
thx yoo

raisyah adelianty mengatakan...
pada hari 

klo ada agen2 jual aksesories dll didaerah palembang kasih tau ya mas....pemula

Verdiaz Ar-Racit mengatakan...
pada hari 

@ raisyah adelianty : Ok

zalnofri 470 mengatakan...
pada hari 

hamster ko lai samo jo mancik ko bang,,,,,,,,,,,, pengen juga meme lihara hamster

Dik Gundul mengatakan...
pada hari 

ini alamatnya mana ya..??
kurang rt sama rw nya...
aku tekan kono kok ra enek sing mudeng mas...no hp yo ra aktip
jik eksis ra mas peternakane..???
heheheheheheh

dych hamster shop mengatakan...
pada hari 

salam hangat dari DYCH hamster shop sumbar

dych hamster shop mengatakan...
pada hari 

Salam hangat dari DYCH hamster ship sumbar

homy pet shop mengatakan...
pada hari 

meminimilasikan pakan ternak buat hamster itu gimana ya mas, saya boros dipakannya..mohon pencerahnnya gan..:)

Poskan Komentar

 
Beternak Hamster Copyright © 2009 Blogger Designed by Bie-rue Blogger